Alkitab menyatakan penghakiman dimana semua perbuatan tidak baik satu pun tidak luput. Kepada Daniel ditunjukkan penghakiman itu sedang bersidang (Daniel 7:9,10). Yesus menyatakan penghakiman dimana semua orang memberikan pertanggungjawaban (Matius 12:36). Paulus menyebutkan penghakiman ketika ia berbicara di hadapan Felix (Kisah 24:25). Nubuatan 2300 hari menunjuk kepada permulaan penghakiman yang tepat.

 

 

1.         Waktu nubuatan yang berapa lama ditunjukkan dalam Daniel 8?

“Maka ia menjawab: ‘Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.’ “ Daniel 8:14.

 

2.         Pada waktu dunia mana kita dapat mengharapkan penglihatan ini digenapi?

“Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: ‘Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai ahkir masa!” Daniel 8:17.

 

3.         Kapan 2300 hari itu mulai?

Menurut Daniel 9:24 Gabriel menerangkan bahwa 70 minggu (490) akan disingkirkan (diasingkan), diukur atau ditetapkan untuk umat Allah. Yang 490 tahun ini dipotong dari waktu yang lebih lama. Waktun itu ialah 2300 hari atau tahun yang disebutkan dalam penglihatan ini. Itulah sebabnya 490 tahun dan 2300 tahun mempunyai permulaan yang sama. Perintah pembangunan kembali dikeluarkan oleh Ahasyweros tahun 457 S.M. (Sebelum Masehi) menandakan permulaan dari 2300 tahun.

 

4.         Kapan 2300 tahun berakhir?

Karena 490 tahun dipotong dari 2300 tahun dan itu berakhir pada tahun 34 Sesudah Masehi, 1.810 tahun yang sisa akan sampai ke tahun 1844 S.T.M. (Sesudah Tarik Masehi).

 

 5.         Kaabah mana yang akan dibersihkan kembali?

Kaabah yang disebutkan dalam Daniel 8:14 harus menunjuk kapada kaabah surga oleh karena kaabah dunia belum ada hampir 1800 tahun. Yesus telah mengatakan “Rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi.” Matius 23:38. Ada suatu kegaiban dari terbelah duanya tirai di dalam kaabah di Yerusalem ketika Yesus tersalib. Yerusalem dan kabaah dihancurkan oleh orang-orang Roma tahun 70 S.T.M

 

6.         Apa arti membersihkan kaabah?

Kemudian ia harus memercikkan sedikit dari darah itu ke mezbah itu dengan jarinya tujuh kali dan mentahirkan serta menguduskannya dari segala kenajisan orang Israel. Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan Tuhan.” Imamat 16:19,30.

Catatan: Kaabah dunia dibersihkan sekali setahun dengan mempersembahkan darah kurban. Upacara itu dikenal sebagai upacara-upacara penebusan. Itu adalah waktu penghakiman. Semua catatan dosa dibuang dari kemah.

 

7.         Apa yang tersangkut dalam pembersihan kaabah surga?

Tahun 1844 Kristus masuk ke dalam bilik yang mahasuci di kaabah surga sebagaimana imam besar memasuki bilik yang mahasuci dalam kaabah dunia pada Hari Pendamaian atau Grafirat. Tidak ada dosa di dalam surga tetapi pekerjaan penghakiman harus dilaksanakan sesuai dengan catatan dosa (Pengkhotbah 12:14 dan Wahyu 20:12).

            Penghakiman dalam surga yang dimulai tahun 1844 adalah penghakiman penyelidikan. Ini perlu supaya Kristus dapat membawa upah bersama Dia. Mula-mula akan menghakimi kekuasaan tanduk kecil dan angkatan perang yang di belakangnya mempertahankan Allah di hadapan semesta alam. Itu juga mengizinkan Allah untuk mempertahankan dan menyatakan umat-Nya yang sejati (Wahyu 3:5).

            Selama 1000 tahun dari Wahyu, 20 catatan dari orang-orang jahat akan dilupakan, dengan bantuan yang benar, dan pelaksanaan hukuman mati akan dilaksanakan pada akhir 1000 tahun.

            Kristus akan menyatakan penutupan penghakiman penyelidikan ketika Ia mengatakan, Barang siapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barang siapa yang cemar, biarlah iaterus cemar; dan barang siapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barang siapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya. Sesungguhnya Aku datang segra dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.” Wahyu 22:11,12.

 

8.         Siapa pembela dalam penghakiman penyelidikan itu?

Baca Daniel 7:9,10,13. “Jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengatara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.” I Yohanes 2:1. Baca Yohanes 5:22; 17:2.

Catatan: Sejak dahulu kata Allah adalah Bapa. Malaikat-malaikat adalah yang melayani Dia. Betapa indah mendapat Pengacara dalam pengadilan Allah yaitu Tuhan yang menciptakan kita, Tuhan yang menebus kita! Baca Kisah 17:31.

 

9.         Apakah standar menghakimi?

“Akhir kata dari yang segala di dengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.” Pengkhotbah 12:13,14. Baca Yakobus 2:10-12; 1:22-25.

 

10.        Apakah pengadilan itu tidak berat sebelah?

“Tetapi tentang Sion dikatakan: ‘Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya,’ dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya. Tuhan menghitung pada waktu mencatat bangsa-bangsa: ‘Ini dilahirkan di sana.’ “ Sela. Mazmur 87:5,6.

                                                                                                                 Kesimpulan 

            Sekarang kita berada dalam saat dunia yang paling khidmat sebab penghakiman sedang dalam proses di surga. Sekarang kita harus menyelidiki hati kita dan mengakui dosa-dosa kita. Jika kita mengakuinya, Allah akan mengampuninya. Baca I Yohanes 1:9, beginilah cara kita dapat mendahului dosa-dosa kita ke pengadilan atau penghakiman (I Timotius 5:24)

Ayat Hari Ini

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu

Amsal 1:8

Kutipan Hari Ini

"Jika anda telah memberi diri anda kepada Tuhan, untuk melakukan pekerjaan-Nya, Anda tidak perlu cemas untuk hari esok".

Ellen G. White - MB, hal. 100

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV